Sejarah Ayam Bangkok di Dunia

Sejarah Ayam Bangkok

Berbicara mengenai sejarah ayam Bangkok. Sabung ayam sudah sangat popular dari zaman dahulu, sekitar tahun 1500an sebelum masehi di cina, pada zaman itu bangsa Cina kuno berusaha untuk menciptakan ayam aduan yang berkelas dengan mengawin silangkan ayam local dengan ayam luar yang bertujuan menciptakan ayam yang tidak terkalahkan. Tetapi, ayam aduan milik orang cina masih kalah dengan ayam yang berasal dari Thailand yang dikenal dengan King’s Chicken. Yaitu ayam aduan yang kuat, cepat, memiliki pukulan yang keras dan ayam ini di bilang dengan ayam cerdas, dikarenakan ayam ini bertarung dengan menggunakan akal dan teknik. Semenjak saat itu, akibat kekalahhannya, orang-orang cina berambisi mencari ayam aduan yang dapat menjuarai pertarungan dengan melakukan pencariaan ayam-ayam di pelosok hutan untuk dikawin-silangkan dengan tujuan dapat menumbangkan ayam Bangkok asal Thailand. Akhirnya di tahun 1960 ditemukan strain atau galur ayam aduan yang sanggup menyaingi keperkasaan ayam Bangkok. Namun akibat terjadi kawin silang terus menerus, maka nyaris tidak diketahui lagi perbedaan antara ayam aduan dari Laos dengan ayam Bangkok Thailand. Perkembangan kahsana sabung ayam Di Thailand dan Laos menyebabkan munculnya pakar-pakar peternak dan pengadu ayam aduan, Vaj Kub,Xiong Cha Is dan kolonel Ly Xab.Pada 1975, ayam bangkok milik Vaj Kub sempat merajai dunia persabungan di masa itu. Ayam yang diberi nama Bay itu merupakan salah satu hasil tangan dingin Vaj Kub dalam melatih dan mencari bibit ayam aduan yang pandai. 


lihat: Sejarah Ayam Birma

Hasil ternakan Vaj Kub berhasil disaingi rekan sejawatnya dari kota Socra, Malaysia. Mereka dari negeri jiran itu mampu menelurkan parent stock atau indukan unggul. Hanya saja pada generasi berikutn ya,Mr.Thao Chai dari Thailand berhasil menumbangkan dominasi peternak dari Malaysia. Mr.Thao memberi nama jagoan baru itu,Diamond atau Van Phet. Seiring berkembangan dunia, pada saat ini ayam Bangkok bukanlah menjadi hal yang asing.

Thailand memang tak perlu diragukan lagi sebagai negara penghasil ayam bangkok unggul .Malahan sektor ini sudah diakui sebagai penambah devisa negeri gajah putih tersebut. Dari Thailand bisnis ayam aduan ini tak hanya merambah kawasan Asia Tenggara saja, namun meluas ke Meksiko, Inggris dan Amerika Serikat, indonesia dan Negara-negara lainnya.

Perkembangan ayam Bangkok di indonesia sendiri sudah terjadi sejak zaman majapahit,  Masyarakat indonesia sudah mengenal dengan sabung ayam. maka dari itu,banyak cerita-cerita rakyat yang sampai sekarang berkembang  dan menjadi dongeng seperti contohnya kisah tentang Ciung Wanara-Kamandaka serta cindelaras. Dan cerita-cerita tradisi masyarakat indonesia yang sudah mengelal adu ayam pada zaman dahulu. Cerita tersebut sudah lama turun temurun sejak zaman nenek moyang kita dahulu.benar atau tidak sejarah tersebut,kita juga tidak tahu, yang penting jejak tilas dari cerita di atas masih bisa kita temukan  di bumi ibu pertiwi ini. Di indonesia sendiri ayam aduan terutama ayam Bangkok sudah sangat berkembang, dengan munculnya para peternak-peternak baru dan menghasilkan jenis-jenis ayam aduan yang berkualitas. Tetapi kita juga belum tahu apakah ayam indonesia mampu bersaing dengan ayam-ayam luar. Tetapi saya yakin, semakin berkembangnya pengetahuan para peternak ketidak mungkinan itu menjadi berkurang.

Labels: